BAB
I
ORGANISASI
Organisasi
adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama.
Terdapat beberapa teori dan perspektif mengenai organisasi, ada yang cocok satu
sama lain, dan ada pula yang berbeda. Organisasi pada dasarnya digunakan
sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara
rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali,
dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan),
sarana-prasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan
efektif untuk mencapai tujuan organisasi.
Sebuah
organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti
penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi
sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat. Organisasi yang dianggap baik
adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya oleh masyarakat disekitarnya,
karena memberikan kontribusi seperti pengembilan sumber daya manusia dalam
masyarakat sebagi anggota-anggotanyasehingga menekan angka pengangguran.
Organisasi didirikan oleh sekelompok
orang tentu memiliki alasan. Seorang pakar bernama Herbert G. Hicks
mengemukakan dua alasan mengapa orang memilih untuk berorganisasi:
a. Alasan Sosial (social reason),
sebagai “zoon politicon ” artinya mahluk yang hidup secara berkelompok, maka
manusia akan merasa penting berorganisasi demi pergaulan maupun memenuhi
kebutuhannya. Hal ini dapat kita temui pada organisasi-organisasi yang memiliki
sasaran intelektual, atau ekonomi.
b. Alasan Materi (material reason),
melalui bantuan organisasi manusia dapat melakukan tiga macam hal yang tidak
mungkin dilakukannya sendiri yaitu:
1) Dapat memperbesar kemampuannya.
2) Dapat menghemat waktu yang
diperlukan untuk mencapai suatu sasaran, melalui bantuan sebuah organisasi.
3) Dapat menarik manfaat dari
pengetahuan generasi-generasi sebelumnya yang telah dihimpun.
Organisasi bisa juga disebut
kumpulan orang-orang yang memiliki kesamaan. Kesamaannya itulah yang
menyebabkan masing-masing individu, yang pastinya berbeda, mau bergabung dan
menjadi anggotanya. Kesamaan bisa disebabkan kepentingan yang sama, cita-cita, harapan dan satu tujuan.
Ketika bergabung menjadi anggota
organisasi tertentu tidak lagi sebuah paksaan. Anda bebas memilih, ingin
bergabung atau tidak.
Ada beberapa hal yang harus kita
sadari dalam berorganisasi. Bahwa organisasi ini milik banyak orang, semua
anggota, bukan milik pengurus atau ketua. Sedemikian banyak orang yang memiliki
karakter, sifat, bahasa, kebiasaan yang berbeda memberi kita kesempatan belajar
jenis-jenis manusia.seutuhnya organisasi dapat memberi manfaat bagi banyak
orang, dan Anda merasa mampu memperbaikinya, sebaiknya Anda tetap bertahan.
Seringkali organisasi ditangani secara salah, dan mungkin Anda orang yang
terpilih untuk berperan lebih. Apa yang saya tahu, tidak ada usaha yang
sia-sia. Membangun organisasi, sejatinya juga membangun kepribadian Anda.
Suatu organisasi mempunyai arti
penting dalam masyarakat, karena organisasi dapat membantu/mengajak masyarakat
untuk lebih aktif dalam lingkungan & kehidupannya, organisasi bisa sebagai
pendukung proses sosialisasi yang berjalan di sebuah lingkungan bermasyarakat,
yang paling utama organisasi merupakan tempat /wadah aspirasi dari seklompok
individu yang berbeda beda contohnya adalah komunitas pecinta bus, yaitu
bismania community, komunitas ini merupakan sesuatu wadah tempat berkumpul,
sharing, para penggemar bus dari seluruh penjuru indonesia .organisasi juga
bisa dapat digunakan sebagai tempat pengontrolan /pengawasn terhadap kebijakan
kebijakan dan kerja dari sebuah pemerintahan yang sedang berjalan .atau bisa
disebut organisasi berbasis politik. Organisasi bisa menjadi penyokong dalam
suatu pemerintahan
BAB
II
MANAJEMEN
Manajemen
adalah proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian,
penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai
sasaran-sasaran yang telah dilakukan untuk menentukan serta mencapai
sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia
dan sumber-sumber lainnya (R. Terry).
Manajemen
berbentuk sistem yang mengatur bagaimana suatu organisasi itu dapat berjalan
dengan baik dengan beberapa pengorgasnisasian di dalamnya. Setiap organisasi memiliki manajemen yang
memegang berbagai peranan penting yang menentukan keberhasilan dalam mencapai
tujuan yang telah ditetapkan untuk diwujudkan bersama. Ada banyak peran yang
harus dimainkan / diperankan organisasi secara
seimbang sehingga diperlukan orang-orang yang tepat untuk menjalankan
peran-peran tersebut.
Manajemen yang baik haruslah berperan sesuai dengan
situasi dan kondisi pada perusahaan atau organisasi. Manajemen yang tidak bisa
menjalankan peran sesuai tuntutan organisasi dapat membawa kegagalan. Jadi,
yang diutamakan ialah tanggung jawab yang diperankan oleh anggota-anggota
maupun pemimpin tersebut.
BAB
III
ORGANISASI MANAJEMEN
Organisasi
adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama.
Terdapat beberapa teori dan perspektif mengenai organisasi, ada yang cocok satu
sama lain, dan ada pula yang berbeda. Organisasi pada dasarnya digunakan
sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara
rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali,
dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan),
sarana-prasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan
efektif untuk mencapai tujuan organisasi.
Manajemen
adalah proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan,
pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan
serta mencapai sasaran-sasaran yang telah dilakukan untuk menentukan serta
mencapai sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya
manusia dan sumber-sumber lainnya (R. Terry).
Untuk
hubunganya sendiri Manajemen organisasi serta metode memiliki hubungan yang
sangat erat Organisasi yang baik untuk mencapai tujuanya perlu Manajemen yang
baik begitupun sebaliknya untuk mendapatakan manajemen yang terbaik diperlukan
sebuah Organisasi yang memiliki orang-orang yang terampil, kreatif serta mampu
bekerja secara tim untuk mewujudkan cita-cita yang ingin dicapai oleh
organisasi. Walaupun sudah memiliki organisasi seta manajemen yang baik masih
dibutuhkan satu lagi sebagai pelengkap yakni Metode, metode sendiri dimaksudkan
sebagai alat yang digunakan sebuah organisasi untuk mencapai tujuanya, tanpa
adanya metode yang tepat maka manajamen yang telah dibuat tidak akan maksimal
sehinnga apa yang ingin dicapai organisasi tidak terpenuhi. Sehingga dapat
diambil kesimpulan Apabila organisasi, manajemen dan metodenya dilakukan dengan
kerjasama yang baik, pemanfaatan sumber-sumber dan waktu yang ada dapat
dilakukan secara tepat dan lebih terordinir sesuai dengan proses kegiatan yang
ditetapkan maka untuk mencapai tujuan akan dapat hasil yang lebih efsien dan
efektif serta lebih maksimal. Karena ketiganya jika dilakukan sesuai dengan
tugasnya maka hubungan timbal balik itu akan saling menguntungkan untuk
ketiganya.
0 komentar:
Posting Komentar